Instruksi Bupati Rohul, Perketat Pengawasan Posko Perbatasan  

PoskoNews.com– Untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan Kecamatan hingga Desa di Rokan Hulu (Rohul) mencegah penyebaran Covid-19, Bupati Rohul H. Sukiman melakukan Video Conference (Vicon) bersama Camat Tambusai dan Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Tambusai., beberapa hari lalu.

Dalam Vicon itu, Bupati H. Sukiman didampingi Sekda H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kadis Kominfo/Jubir Covid-19 Drs Yusmar M.Si, Kadiskes Bambang Triono, Kadis DPMPD Margono S.Sos M.Si, Kadis Dikpora Drs H. Ibnu Ulya M.Si, Kadis TPH Mubrizal SP MMA dan Sekretaris Dinsos P3A Rohul April Liyadi.

Bupati H. Sukiman meminta kepada Camat dan Kepala Desa untuk menyampaikan  laporan  Penanganan Covid-19 di Desanya masing-masing dan langkah yang telah dilakukan dalam mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

“Vicon ini bertujuan untuk menyatukan langkah dalam hal penanangan Covid-19 baik menanggulangi Covid-19 sesuai Protokoler Kesehatan dan Bagaimana masyarakat terlayani secara kesehatan, kondisi di Desa terutama terhadap kondisi ekonomi masyarakat serta dampak ekonomi terhadap dunia usaha terutama industri kecil dan menengah,” jelasnya

Tambah Sukiman, Vicon dengan Kecamatan dan Desa yang sudah dilaksanakan seperti Kecamatan Tambusai Utara, Tambusai dan Rambah Samo dan akan dilanjutkan dengan Kecamatan lainnya, untuk mengetahui  kesiapsiagaan kecamatan.

“Hari ini kita juga sudah mendapat laporan bahwa di Kecamatan tersebut untuk ODP dan PDP sudah menurun dari sebelumnya dan kondisi di desa hari ini masih difokuskan untuk penjagaan pos-pos masuk Desa,” kata Sukiman

“Kemudian untuk seluruh posko pemantauan, termasuk perbatasan agar memperketat pengawasan dan pendataan terhadap arus orang, barang dan jasa yang masuk dari luar ke wilayahnya, ini dalam usaha mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah kita,” pinta Siluman.

Bupati H. Sukiman juga mengapresiasi Camat, Kepala Desa/Lurah se Rohul dalam penanganan Covid-19 didaerahnya masing-masing, seperti pengadaan Masker, Disinfektan, Mendirikan Posko pemantauan dan membentuk relawan Desa lawan Covid-19.

“Kami apresiasi kepada Camat, Kades, Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Para Medis dalam penanganan Covid-19 diwilayah tugasnya masing-masing. Sesuai permintaan Kades ke Dinas PMPD untuk mengeluarkan dasar hukum dalam menyalurkan BLT atau sembako untuk masyarakat, tadi sudah saya instruksikan kepada Kadis DPMPD untuk membuat dasar hukumnya secara tertulis,” kata Sukiman.

Ketua DPRD Rohul Dan Pejabat Pemprov Riau Kunjungi Posko Perbatasan

Sebelumnya pada Sabtu 18 April 2020, Ketua DPRD Rokan Hulu, Novliwanda Ade Putra mengunjungi  Posko Covid-19 di desa Tambusai Barat (Batas Riau-Sumut), sekaligus pemberian bantuan APD, dihadiri upika Kecamatan Tambusai, Kepala Puskedmas, dan Kades Tambusai Barat.

Juga berkunjung para pejabat Provinsi Riau yakni, Kadis Perhubungan Riau  Ir. H. H.M.Taufiq MT, Kasat Pol PP,  Zainal dan Dirlantas Polda Riau.

(Diskominfo Rohul)