Gugatan Hartop & Gas Pool Soal Pilkada Rohul Disidang MK Usai Lebaran

ORETAN86.COM – Rokan Hulu – -Sengketa perselisihan Pemilihan Bupati Rokan Hulu (Rohul), Riau Pasca Pemungutan Suara Ulang (PSU) Yang Diperintahkan Mahkamah Konstitusi (MK), Terus Berproses.

Seperti Di Informasikan Sebelumnya Usai PSU 21 April 2021 lalu, Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut 01 H Hamulian- Sahril Topan (Hartop), mengajukan Gugatan ke MK Dengan Termohon KPU Rohul.

Hamulian-Topan Mengajukan Gugatan Melalui kuasa hukum Asep Ruhiat Senin dini hari, 27 April 2021

.Berkas Permohonan Tersebut Telah Dicatat dalam Buku Pengajuan Permohonan Pemohon Elektronik (e-BP3) dan Diperiksa berdasar Peraturan MK Nomor 6 Tahun 2020 tentang Tata Beracara dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Mereka (Hartop), Mendalilkan terjadi kecurangan yang dilakukan oleh Paslon Nomor Urut 2 Sukiman-Indra Gunawan dan Paslon Nomor Urut 03 Hafith Syukri-Erizal.

“Paslon 01 Hamulian-Topan minta MK mendiskualifikasi Paslon 02 dan Paslon 03, atau setidaknya PSU di semua TPS, ” kata Asep Ruhiat.

Pada saat hampir bersamaan Paslon Nomor Urut 03 Hafith Syukri dan Erizal, juga mengajukan gugatan ke MK terhadap termohon KPU Rohul.

Walaupun Beberapa Hari Setelah Gugatan Dimasukkkan Ke MK, Cawabup Erizal Sempat Memvuat Surat Klarifikasi dan Cendrung Menerima Hasil PSU Serta “Menerima” Tawaran Ishlah.

Paslon 03 mengajukan gugatan Melalui kuasa hukumnya dari kantor Lawyer Hamid Dwi Hudaya, Juga Sempat Terpublish Menarik Gugatan Setelah Munculnya Klarifikasi Erizal Tersebut

Paslon 03 ini Juga Mendalilkan Adanya pelanggaran Secara Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM) Pada PSU Lalu.

Salah Satu Poin Yang Dipersoalkan 03 Adalah Terbitnya Surat Manajemen PT Torganda Untuk Mengupulkan KTP & kK Asli Pemilih Yang Merupakan Karyawan Perusahaan Perkebunan Tersebut.

“Faktanya Pengumpuln KTP & KK Pemilih Tersebu Sebagai Upaya Intimidasi dan Intervensi Perusaahaan Supaya Pemilih Memilih Calon Tertentu, Pemilih Yg Menyatakan Akan Memiih 02 Maka KTP dan KK nya Dikembalikan Dgn Imbalan Sejumlah Uang, Sementara Yang Tidak Memilih 02, Maka KTP dan KK nya Ditahan Sampai Selesai Pemlihan, “tulis 03 Dalam Gugatan Tersebut.

Dikutip dari Laman MK RI, Kedua Gugatan tersebut, yakni dari Paslon 01 dan Paslon 03, akan mulai diperiksa MK pada Rabu 19 Mei 2021 nanti atau usai lebaran Idul Fitri

Jadwal sidang MK Dengan Agenda pemeriksaan Pendahuluan Dilaksanakan Pada Rabu 19 Mei, Pukul 08.00 Wib zdengan pemohon Hafith Sukri -Erizal dan pukul 09.00 Wib pemohon Hamulian-Sahril Topan di Lantai 2 Gedung MK RI.

Bagaimana Peluang kedua Paslon? Apakah Gugatan Paslon 01-03 Kandas Sehingga 02 Ditetapkan Oleh KPU Sbg Calon Terpilih? Atau Gugatan 01 Dikabulkan 02-03 Di Dis? Atau Gugatan 03 Dikabulkan Sehingga Hasil PSU Di Dis Dan 03 Yg Akan Melenggang?. (Rpt)