Rohul Zona Merah Covid19, Nono Minta Semua Pihak Lebih Serius

ORETAN86.COM – Rokan Hulu – WakIl Ketua DPRD Kabuparen Rokan Hulu (Rohul), Riau, dari Fraksi Partai Golkar Nono Patria Pratama SE, minta semua pihak prihatin dan berbuat lebih serius lagi dalam mencegah makin mewabahnya pandemi Covid 19 di daerah itu.

“Menyikapi kondisi terkini penularan wabah Covid 19 di daerah ini yang sudah pada tingkat menghawatirkan dimana Rohul sudah ditetapkan dalam kategori Zona Merah beresiko tinggi, kita himbau semua pihak untuk lebih prihatin dan berbuat serta bersikap sungguh sungguh untuk mencegahnya, ” kata Nono kepada Link Rpt, Sabtu malam (1/5/2021).

Disebutkan Nono, ada beberapa faktor penyebab kian mewabahnya Covid19 itu, antara lain kurangnya tingkat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (Prokes), memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan lain lain.

Selain itu, lanjut Sekretaris DPD Golkar Rohul itu, pemahaman sebagian masyarakat kita terhadap keberadaan wabah Covid 19 itu terkesan masih ada yang  antara percaya dan tidak, sehingga Prokes terabaikan.

“Covid19 itu betul betul ada, sudah banyak warga dari berbagai lapisan yang tertular positif, bahkan ada yang meninggal, wabah pandemi ini tidak memilih milih, siapapun bisa kena, baik warga biasa ataupun pejabat, kan sudah ada buktinya, “ungkap Nono.

Faktor lain penyebab kian terpaparnya Covid19 di Rohul itu, kata Nono, juga akibat selama ini belum ketatnya pengawasan terhadap orang yang keluar masuk ke Negeri Seribu Suluk itu.

“Kta bersyukur pemerintah dan aparat kepolisian sudah bersikap tegas dengan pelarangan mudik, termasuk antar Kabupaten di Riau dengan mendirikan posko penyekaatan di perbatasan antar daerah, ” tutur Legislator Dapil IV Rohul itu.

Lebih jauh Nono yang juga Ketua Kosgoro 57 Provinsi Riau itu menyebutkan, masyarakat luas di daerah ini diharapkan memahami serta mematuhi keputusan pemerintah pelarangan mudik lebaran tersebut, karena semua itu untuk kebaikan dan kepentingan kita bersama.

“Para pengurus masjid/musholla bekerjasama dengan aparat dibawah, Kadus, RW dan RT, untuk terus menerus mengingatkan jemaah tentang mematuhi aturan Protes Covid19 ini” harap Nono.

Sementara itu, Data dari Tim Satgas Penanganan Covid-19 Rohul per 30 April 2021, Kasus Baru terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 21 orang, kasus sembuh 15 orang dan zero kasus meninggal.

Sedangkan yang dirawat di RSUD Rohul 11 Orang, RS Awal Bross Ujung Batu 16 Orang, RS Santa Maria 1 orang, RS Azzahra 6 orang, RS Surya Insani 2 orang, RS Santa Maria 1 orang, RS Syafira 4 orang,

Selain itu juga di RS Eka Hospital 1 orang, RS Ibnu Sina 1 Orang, RS Arifin Achamad 6 orang, RS Awal Bross Panam 4 orang, RS Awal Bros Sudirman 2 orang, RS Tandun 17 orang, total 81 orang, Kemudian Isolasi Mandiri 261 orang

“Untuk Pertama kalinya Rohul masuk Kabupaten  Zona Merah Covid-19 di Riau, karena masyarakat kita tidak disiplin lagi dan mengabaikan Prokes. Dulu masa awal-awal Pandemi kasus sedikit karena orang takutnya luar biasa, tapi kalau sekarang kasus justru banyak, ketakutan masyarakat mulai berkurang, ” kata Tim Satgas Ahli Penanganan Covid19 Rohul, dokter Zuldi Afki Sp.P.

Sedangkan Rumah Sakit kita, kata Zuldi memiliki keterbatasan Tenaga Kesehatan, tempat/ruangan dan oksigen untuk pasien, sehingga hal itu perlu dilakukan pembatasan masyarakat ini untuk berkerumun, menjaga jarak dan menerapkan Prokes. (Rpt)