PUPR Rohul Perbaiki Jembatan Bt Kumu 2 Dan Ruas Ruas Jalan Rusak

PoskoNews.com – Kendati dalam kondisi bulan Ramadan dan datangnya musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, terus bekerja memperbaiki Jalan dan Jembatan yang rusak.

Seperti pengerjaan jembatan Batang Kumu 2 yang merupakan akses utama masyarakat di Desa Tambusai Utara dan Desa Rantau Sakti serta beberapa desa lainnya di Kecamatan Tambusai Utara.

Selain itu juga, memperbaiki rusak parahnya jalan lintas Dalu Dalu – Pekan Tebih (Simpang Kanteh) serta ruas Rantau Binuang Sakti (RBS) – Ulak Patian Kecamatan Kepenuhan.

Menurut Kepala Dinas PUPR Rohul, Anton ST MM, perbaikan jembatan dan ruas ruas jalan tersebut dilakukan pemeliharaan rutin swakelola melalui Unit PUPR Wilayah 2 yang meliputi Kecamatan Tambusai, Tambusai Utara, Kepenuhan dan Kepenuhan Hulu.

“Ya, tiap tahun kita lakukan pemeliharaan rutin swakelola melalui Unit PUPR wilayah, pada titik titik yang rusak parah,” kata Anton melalui Sekretaris PUPR Rohul, H Zulfikri ST didampingi Kasi UPTD Wilayah 2, Khairul ST kepada PoskoNews.com, Jumat (1/5/2020).

Disebutkan Zulfikri, untuk perbaikan jembatan Batang Kumu 2 berangka baja dengan ukuran 70 meter X 6 meter, pihaknya menggandeng perusahaan yang beroperasi disana, seperti PT Area Rama Prakarsa (ARP) grup PT Genk dan PT Torganda.

“Saat ini Jembatan Batang Kumu 2 yang merupakan urat nadi lintas perekonomian warga beberapa desa di Kecamatan Tambusai Utara dan Tambusai itu masih dalam tahap pengerjaan menghabiskan dana lebih satu miliar rupiah,” ungkap Zulfikri.

Hal itu diakui oleh Wahyandi, Menejer PT ARP, untuk tahap awal ini perbaikan jembatan konstruksi baja itu sudah menghabiskan anggaran Rp.1,4 Miliar.

“Perkiraan kita sampai selesai nanti membutuhkan dana sampai Rp.2 Miliar lebih, karena kita juga memperbaiki tonggak jembatan dan tebing longsor dari hantaman sungai Batang Kumu,” kata Wahyandi.

Di lain pihak, Kasi UPTD Wil 2, Khairul ST menyeburkan, pihaknya sudah selesai memperbaiki ruas jalan Dalu Dalu – Pekan Tebih (Simpang Kanteh) yang rusak beberapa waktu lalu dan sempat dikeluhkan masyarakat melalui anggota DPRD Riau yang reses ke desa disana.

“Ruas Jalan Dalu Dalu Pekan – Tebih itu sekitar 10 Km, tapi Yang rusak parah itu sepanjang 3 km, karena dilalui muatan berat pengangkut sawit dan datangnya musim penghujan, alhamdulillah saat ini kondisinya sudah bagus,” kata Khairul.

Sedangkan ruas jalan kabupaten di desa Rantau Binuang Sakti ke Desa Ulak Patian, juga sudah selesai dikerjakan, terutama pada beberapa titik yang rusak parah akibat dilanda banjir.

“Ruas jalan RBS – Ulak Patian itu sepanjang 10 Km sering rusak karena menjadi langganan banjir di musim penghujan, untuk saat ini sudah selesai kita perbaiki, ” kata Khairul. (Rpt).